Thursday 3 November 2011

Jenis Bahasa Pemprograman WEB



Bagi mereka yang berkerja di dalam bidang web design pasti sudah tidak asing lagi dengan nama bahasa pemprograman. Bahasa pemprograman yang umum dikenali adalah HTML dan PHP. Tetapi sebenarnya masih banyak bahasa pemprograman yang perlu anda pelajari.




1. Bahasa Program HTML
HTML / HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa markup yang biasa digunakan untuk membuat membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML pada masa ini merupakan bahasa markup yang standard untuk Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML mengandungi kod-kod tag yang mengarahkan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer dan lain-lain.


2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai pada masa ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang mengandungi beberapa kumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat laman web yang dinamik dan kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya dijalankan pada sistem operasi linux (PHP juga boleh dijalankan dengan operasi windows).


3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk mencipta halaman web yang dinamik. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP digunakan pada web server dan merupakan server side scripting.


4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomenkan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu method dalam membuat markup pada sebuah dokumen.


5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah sambungan dari Wireless Markup Language,iyaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berdasarkan XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan kesinambungan dari HTML yang berjalan pada protocol wireless.


6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.


7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berdasarkan html.


8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal dan beroperasi pada sisi klien. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita memerlukan JavaScript-enabled browser iaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.


9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk menyusun tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling biasa digunakan dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat digunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS disusun oleh World Wide Web Consortium (W3C).



Untuk mempelajari bahasa pemprograman web anda bolehlah mengunjungi W3 School di link ini : http://www.w3schools.com/

2 comments:

Anum said...

macam2 teknologi sekarang

rebellion said...

hmm, WML kali pertama aku dengar..huhu.